Langsung ke konten utama

Fase baru aku ingin hidup 1000 tahun lagi


Hai sudah lama aku ga nulis di blog ini
Iya...
Maaf banget sebelumnya aku ngebucin parah...🙃
Hingga ngerasa semua nya hancur berantakan
Sepertinya Tahun ini sangat lah berat di lalui
Mulai kehilangan orang yang di sayang 
kehilangan pekerjaan 
kehilangan arah tujuan hidup 
pokok nya parah banget 
yang terparah aku kehilangan seseorang yang jadi panutan ku 
lebih tepat nya Guru ku guru dalam arti sebenarnya 
beliau yang banyak memberikan petunjuk dan nasehat saat aku patah hati terpuruk dan hancur berantakan😖

Di tengah wabah covid ini beliau pulang duluan ketempat dimana beliau sangat rindukan
Saat itu lah aku berasa kosong banget 

Sempat terpikir untuk tertidur selama lamanya
Namun saat itu beliau hadir di mimpiku beliau sangat marah dan sedih melihat ku yang putus asa dan mulai menjadi orang jahat dan ga peduli orang sekitar

Iya...
Aku sangat kehilangan arah
Aku mulai mencoba meneguk Amer
Untuk meredam depresi
Mulai mainin perasaan cewek
Untuk mengisi hati yang kosong
Mulai merokok lagi
Untuk mencari ketenangan
Kadang kalo susah tidur ya minum alprazolam
Kacau betul lah hidup ku...

Sampai pada satu titik
Aku merasa sangat sampah banget☠️
Merasa untuk apa ya aku hidup....
Semesta sudah tidak berpihak
Semesta sudah bercanda dengan kelewatan
Dan aku berpikir sudah tak ada jalan keluar lagi
Menyerah lah pokok nya...
Bedebah dengan kehidupan

Hingga hari itu
Saat aku melakukan perjalanan touring ga ada tujuan pokok nya jalan aja
Ga nyangka aku sampai di calon ibu kota baru
Saat itu hari Jumat 
Aku mau sholat Jumat sekalian numpang istirahat lah capek banget selama perjalanan
Di kota ini aku ga ada tujuan lah keluarga ga ada teman apa lagi
Aku cuma sempat tidur di hotel merah putih tepat nya SPBU ....
Iya aku mau sholat Jumat
Dan ternyata karena wabah covid sholat Jumat ga di gelar hari itu
Pantesan mesjid nya sepi banget
Aku rebahan lah ga nyangka ternyata aku ketiduran

Dan didalam mimpi itu aku bertemu sama guru ku beliau menangis dan marah banget sama aku
Kenapa Abah guru kataku...?
Apa yang kamu lakukan kata beliau kenapa kamu seperti tidak bertuhan
Kenapa kamu biarkan hidup mu hancur berantakan
Tiba tiba beliau memukul kan tongkat yang beliau pegang kekepala ku😵
Dan aku tersentak terbangun
Padahal dalam mimpi kenapa sakit betulan pikirku 
Dan ternyata seseorang benar benar memukul ku dengan sesuatu di kepala ku
Mau aku balas pukul dong
Ternyata yang memukul ku seorang perempuan

Kenapa memukul ku kataku
Dia berbicara hanya saja bicara nya ga jelas dan aku ga paham
Ternyata dia tunawicara
Tiba tiba datang lah seorang kakek kakek dan beliau menjelaskan kalo waktu aku tidur tadi 
Aku hampir di rampok orang untung saja perempuan itu memegang kayu dan mengusir nya

Dan ternyata perempuan itu adalah cucu dari kakek tersebut
Setelah paham aku berterimakasih kepada perempuan dan kakek itu

Beliau bertanya dari mana dan mau kemana...?
Dari Banjarmasin kata ku mau ke Berau
Ngapain...?
Jalan jalan aja kataku ga ada kerjaan😌
Jauh amat jalan jalan nya kata beliau
Aku cuma senyum...😅
Kenapa mau ke Berau kata beliau
Tempat nya bagus kata ku
Pernah kesana
Engga kataku cuma liat liat di internet aja
Emang tau jalan nya...?
Engga kataku cuma modal Google map aja
Mending jangan sendiri lah kata beliau bahaya
Kenapa ga ngajak teman
Ga ada teman yang bisa ikut kataku
Inikan lagi Corona kata beliau
Iya kalo ga sekarang kapan lagi bisa kesana kata ku
Emang kenapa buru-buru kata beliau
Aku cuma senyum selagi sempat kataku

Berau termasuk list yang ingin ku kunjungi sebelum mati
Sebenarnya aku sudah membuat list 
mengunjungi tempat-tempat itu sebelum aku mati seperti Berau terus Magelang gunung merbabu
Iya aku merasa ga ada tujuan hidup sama sekali 
Di tambah dengan penyakit yang ada 
Aku merasa percuma hidup lama lama bodoh sekali ya...😵

Hari itu aku nginap di mesjid itu
Banyak hal yang aku bicara kan dengan kakek tersebut
Padahal baru kenal tapi beliau baik sekali
Pas malam aku ga bisa tidur
Diluar mesjid terdengar bunyi keran
Aku lihat kakek itu bersama istri dan cucu perempuannya sedang mengambil air wudhu
Untuk mengerjakan sholat tahajud malam sepertinya
Aku pun ikut wudhu juga
Ga tidur kata beliau...?
Pnggak kataku
Ya udah mau ikut sholat kata beliau
Iya kataku

Aku pun ikut sholat berjamaah dengan beliau sekeluarga
Saat itu seketika ada perasaan yang begitu sakit di dada ini
Entah mengapa aku jadi nangis 😭
Malu banget rasanya saat beliau melihat ke arah ku saat selesai sholat
Ada apa kata beliau...?
Enggak tau kata ku

Aku merasa sangat haru sekali malam itu
Aku merasa sangat jauh dengan Tuhan
Dan sudah lama rasanya aku tak pernah merasakan rasa yang sulit ku jelaskan
Tanpa bisa ku tahan air mata ini terus menitik membuat rasa malu ku hilang dan rasanya ingin menangis saja waktu itu tak bisa berhenti dan tak bisa ku tahan

Beliau menguatkan ku
Dan berkata 
Semua orang pasti memiliki masalah dan kesulitan di hidupnya
Bukan kah kehidupan di dunia ini adalah sekumpulan masalah yang harus dihadapi
Jika kau merasa sengat sendirian
Ingatlah kau punya Tuhan yang selalu ada
Tuhan yang selalu melihat ke arahmu
Tuhan yang selalu mendengar doa-doa mu
Berdoa lah kata beliau sampaikan segala keluh kesah mu

Sungguh aku pun merasa sangat malu dengan Tuhan
Sangat lama rasa nya aku tak melibatkan Tuhan didalam kehidupan ku
Dan aku sempat berhenti berdoa
Dan menyalahkan Tuhan dengan semua yang terjadi

Kakek dan keluarga nya itu pun kembali ke rumah sederhana yg berada di belakang mesjid
Saat itu aku sendiri dan memandang mimbar serta Langit langit masjid

Ada apa Dengan diriku
Apa yang terjadi
Kenapa aku ingin berhenti dan menyerah
aku merasa malu banget sama diriku
Aku melihat kakek tersebut tetap berjuang hidup dengan segala kekurangannya dan syukur nya beliau memiliki istri yang di ajak berjuang bersama sama serta seorang cucu yang sangat kuat berjuang meski dengan kekurangannya
Aku sangat malu...
Aku yang masih memiliki kesempatan hidup malah menyia-nyiakannya dan malah ingin mati
Aku malu banget...

Besok nya beliau mengajak ku ke hutan untuk menyadap karet sekalian ngambil upah kata beliau 
Nenek sedang sakit katanya udah 2 hari nenek susah nafas karena ada asma dan ga bisa di bawa kerumah sakit karena ada covid takut nya dikira kena Corona dan di isolasi serta ga punya BPJS kata kakek

Perjalanan ke hutan ternyata lumayan jauh
Aku yang dulu kuat naik gunung ternyata sekarang sangat lemah 
Jalan sebentar rasanya capek banget 
Mungkin gara-gara sekarang aku ngerokok  
Ngos-ngosan 
Di belakang kulihat cucuk kakek yang mungkin umur nya 20 tahunan mulai menyusul langkahku yang kecapean

Jalan mulai nanjak
Ko nanjak kek tumbuh di atas ya pohon karet nya
Ga jadi nyadap karet katanya 
Karena subuh tadi hujan getah karet nya sedikit
Jadi kita cari kayu manis aja sama buah kasturi sama sukun di dalam hutan
Perjalanan nya aduh...
Mau ngeluh malu banget kakek sama cucunya aja kuat 
Setelah sampai
Aku mencoba meminum air akar bajakah yang sedang viral itu
Setelah ngumpulin kayu manis serta kasturi dan beberapa biji buah sukun
Kaki ku benar benar ga berasa duduk lah aku di semak semak
Ternyata ada binatang yang masuk kecelanaku
 
Ada apa kata kakek
Kayanya ada yang gigit kataku
Setelah aku cek sendiri...
Ya sendiri lah masa di cek kin kakek atau cucunya...
Ternyata ada lintah 
Untung nya ga sempat ke tempat vital
Cuma di paha aja
Tapi lumayan lah darah kotor ku kesedot
Anggap aja terapi racun
Karena darah ku sudah kecampur banyak nikotin dan alprazolam 

Sesampainya di rumah aku lihat nenek benar benar kepayahan susah bernapas aku sangat khawatir 
Aku paksa aja kakek untuk bawa ke rumah sakit atau puskesmas 
puskesmas lumayan lah ga jauh amat sih 
Untung aja waktu itu ada supir yang biasa ngambil barang barang panen milik kakek datang 
Dan tanpa pikir lagi berangkat lah kami

Nenek sudah di tangani dengan di nebu kalo ga salah namanya
Aku tau kakek kepikiran masalah pembayaran
Saat itu aku putuskan ngasih uang yg jadi bekal ku ke Berau untuk berobat nenek serta buat ngebantu kebutuhan sehari-hari beliau 
Uang itu uang pesangon
Yang aku dapat habis di PHK dari kerjaan
Yang sebagian ku gunakan untuk hal hal ga guna
Aku sisain deh 300ribu buat bekal balik ke Banjarmasin

Itu pengalaman sangat berharga buatku
Melihat nenek kakek dan cucu nya yang bahagia dengan segala kekurangannya namun saling melengkapi membuat ku kembali ada rasa ingin hidup lagi ingin berusaha lagi ingin berjuang lagi

Semoga kakek sekeluarga di sana sehat
Aku sudah janji jika aku ada uang dan pekerjaan 
Aku ingin mengunjungi kalian lagi...
Terimakasih untuk pelajaran dan semangat hidupnya


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surat untuk penghuni langit

Aku sering menatap langit akhir akhir ini Melihat langit biru dan awan berarak Aku selalu berpikir kalau kau ada disana ya.... Diatas sana Disebuah negri diatas awan Mungkin.... Karena kau seperti bidadari Seperti halnya dongeng dongeng klasik Yang menceritakan bahwa bidadari tinggal di langit Walaupun sebenarnya aku menyadari Bahwa jasad mu dikuburkan di tanah Iya.... Aku baru saja mengunjungi mu Tak lupa.. Ku bingkiskan doa doa Sebagai teman mu di surga sana Kau orang baik oleh karena itu aku sangat yakin Tuhan menempatkan mu di surga Dan seperti halnya kebanyakan orang baik Kau memiliki waktu yang sebentar Tuhan sangat menyayangi mu Oleh karena itu dia ingin kau cepat kembali pulang Hari ini aku gagal lagi Gagal dalam banyak hal Bahkan Aku baru keluar dari kantor polisi Aku ga di tahan... tenang saja Aku masih bisa ngurus SKCK ko Aku baru saja berkelahi... Mukul orang... Iya....maaf jika aku terlalu bar bar Tapi orang itu yang mukul duluan aku cuma membalas aja.... Semen

Hancur

ku benar benar hancur hidupku sudah tak berarti lagi tak ada alasan untukku terus bertahan menyerah aku ga kuat orang yang ku cinta sudah menikah dengan pilihannya orang yang kurindu kini pergi meninggalkan ku orang yang ku percaya kini menghianatiku orang yang membuat ku tersenyum kini tlah mati apa yang harus aku lakukan lelah sangat lelah ku benar benar takut menatap kedepan yang ku lihat hanyalah kegelapan tak ada sedikit pun ku lihat cahaya hidup ini hampa sudah tak berharga tuhan masih layak kah aku memohon pada mu bisakah aku berlindung pada mu hanya kau yang ku punya

Dilarang bahagia

apa aku di larang untuk bahagia kenapa ku salu saja kecewa dan bersedih tuhan engkau tau betapa ku sangat menyayangi nya tapi kenapa kau biarkan ku tuk terus mengharapkan nya jika memang dia tlah bahagia untuk apa ku harus ada itu akan membuat ku sakit dan aku hanya kan mengganggu dunia nya bantu aku tuhan bagaimana ku bisa melupakannya sedangkan setiap hari ku salu melihat ke anggunan nya tapi jika ku terus begini hati ini akan semakin sakit dan mungkin perlahan membunuh ku tuhan ku sangat menginginkan nya tapi ku tau dia sudah bahagia dengan seseorang yang sempurna dan kumohon tuhan sadarkan aku ku tak ada tempat di hati nya jangan biarkan ku bermimpi terlalu indah cepat bangunkan aku bimbinglah langkah ini karuniakan lah pada ku pasangan yang baik bagi duniaku dan juga agama ku tuhan apa rencana mu..? aku ga mau ada kesediahan lagi kau tau melupakan nya bukanlah hal yang mudah aku sangat sayang dengan dia tapi bagaimana aku tak mungkin memaks